Penggunaan Single Patient Use Cuff pada Tensimeter untuk Mencegah Infeksi Nosokomial


04/02/2021


Cuff atau manset dari sebuah sphygmomanometer (tensimeter) pada prinsipnya termasuk dalam alat/perlengkapan medis yang memiliki resiko rendah dan non-critical untuk di-disinfeksi (dicuci-bebas-hamakan). Tapi beberapa penelitian terbaru melaporkan bahwa cuff memegang peranan penting dalam penyebaran MRSA, bakteri yang sudah kebal terhadap beberapa jenis antibiotik di rumah sakit. Sehingga menjadi kepedulian baru agar RS memiliki cuff dari semua tensimeter terbebas dari MRSA. Karena pasien dan nakes yang tertular MRSA sangat sulit untuk disembuhkan. Terlebih pada pandemi COVID-19 yang banyak menelan korban nakes di dunia. Maka lebih baik /lebih aman bagi pasien dan nakes, serta dari sisi efisiensi biaya RS, untuk mencegah penyebarannya sejak awal.

Memilih cuff diperuntukkan hanya untuk satu pasien atau istilahnya Single Patient Use (SPU) bisa menjadi prioritas utama bagi RS saat membeli manset pengganti. Cuff juga bisa dibuat dari bahan non-woven sehingga bisa untuk single patient use, dan disebut sebagai SPU Cuff. Sebuah SPU Cuff bisa memiliki satu atau dua buah selang (tubing) dengan peruntukan pemakaian pada patient monitor atau pada vital sign monitor dan untuk tensimeter reguler.

PT Sugih Instrumendo Abadi – salah satu dari produsen tensimeter di Indonesia dengan brand ABNTM, yang juga concern atas penyebaran MRSA dan COVID-19 di rumah sakit; telah mengimplementasikan sejumlah prosedur pengujian yang disyaratkan oleh sejumlah regulasi (terutama regulasi Uni Eropa – EN ISO 81060-1 serta dari Amerika Serikat – ANSI/AAMI) ke dalam sistem produksinya untuk menghasilkan produk ABNTM Aneroid Sphygmomanometer yang berkualitas.

Pengujian yang dimaksud meliputi serangkaian tes kebocoran 100%, pressure capacity test, dan tes endurance yang kesemuanya menjamin akurasi dan durabilitas produk pada saat digunakan dalam pengukuran.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk-produk ABN, silakan mengunjungi www.abnmedical.com.

Asosiasi Produsen Alat Kesehatan Indonesia

 

Contact Us

Jl. Surabaya No. 54 – Jakarta Pusat - Indonesia
(021) 310-1825